Senin, 12 Mei 2008

MU JUARA, FULHAM BERTAHAN

Juara Liga Primer musim ini akhirnya tidak ditentukan oleh selisih gol seperti yang diperkirakan banyak kalangan. Manchester United menang 2-0 di kandang Wigan sementara Chelsea hanya bermain imbang 1-1 melawan Bolton di kandang sendiri. Status juara United menjadi sesuatu yang pasti ketika Ryan Giggs menyarangkan gol kedua bagi United.

Di menit-menit terakhir kubu United mendapat kabar dari Stamford Bridge, Bolton menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Dalam posisi ini Chelsea jelas tak bisa juara. Begitu peluit panjang berbunyi manajer Manchester United langsung bersorak dan meloncat gembira. Bagi United ini adalah gelar juara liga utama yang ke-17 dan sepuluh di antaranya di bawah manajer Alex Ferguson. Chelsea harus mengakui kenyataan menjadi tim terbaik kedua setelah United.


Fulham bertahan di divisi utama

Persaingan seru juga terjadi di papan bawah. Menjelang pertandingan yang semuanya dimulai pukul 03.00 sore waktu Inggris tiga tim, Birmingham, Reading dan Fulham, berebut satu tempat untuk bertahan di divisi elit liga Inggris.

Reading menang 4-0 melawan Derby, Birmingham mengalahkan Blackburn 4-1, dan Fulham di luar dugaan menundukkan tim papan atas Portsmouth 1-0 di kandang Portsmouh. Meski hanya menang 1-0, hasil ini cukup membuat Fulham bertahan di Liga Primer, karena unggul dalam selisih gol.

Dengan demikian Reading dan Birminghan mengikuti langkah Derby terlempar dari divisi utama. Danny Murphy, pemain Fulham yang mencetak gol ke kandang Portsmouth mengatakan, kunci keberhasilan Fulham adalah rasa percaya diri yang disuntikkan manajer Roy Hodgson. Dengan demikian empat besar liga primer diisi oleh Man United, Chelsea, Arsenal dan Liverpool. Keempatnya akan lolos ke Liga Champions.

Everton di posisi lima akan berlaga di Piala UEFA. Tiga tim terdegradasi ke divisi satu yaitu Reading, Birmingham, dan Derby.

Tidak ada komentar: