Minggu, 18 Mei 2008

BAYERN MUENCHEN JUARA BUNDESLIGA 2008

Bayern Muenchen memberikan pesta perpisahan yang indah bagi Oliver Kahn. Kemenangan 4-1 atas Hertha Berlin menjadi kado bagi Kahn yang gantung sepatu usai pertandingan itu.

Bayern memang telah memastikan gelar Bundesliga ke-21 di pekan ke-30, tapi musim ini Muenchen juga sukses menorehkan rekor baru. Rekor kebobolan paling sedikit, hanya 21 gol dari 34 pertandingan. Pecahnya rekor kebobolan 23 gol yang dipegang Werder Bremen sejak musim 1988/89 ini tak lepas dari peran King Kahn yang setia mengawal gawang FC Hollywood sejak musim 1994/95.

Pesta juara Munchen terasa lebih emosional karena lebih dari 70 ribu orang yang memadati stadion Allianz Arena juga melepas sang pelatih Ottmar Hitzfeld. Pelatih yang telah memberikan tujuh gelar Bundesliga dan satu gelar Liga Champions ini mundur dari kursi kepelatihan untuk menangani tim nasional Swiss usai Euro 2008.

Hitzfeld bahkan menangis saat menerima buket bunga di lapangan sebelum pertandingan dimulai. Dalam partai yang sudah tidak menentukan itu, Luca Toni memborong tiga gol ke gawang Hertha sementara satu gol lainnya disumbangkan Franck Ribery.

“Saya tidak bisa menghentikannya. Tapi ini adalah airmata bahagia,”ujar Hitzfeld usai pertandingan.

Kahn yang ditarik keluar lapangan saat pertandingan tersisa dua menit menunjukkan emosi yang luar biasa. Seluruh penonton di Allianz Arena memberikan standing ovation bagi Kahn, yang memainkan partai ke-557nya di Bundesliga.

Kahn menerima salam hangat dari wasit Markus Merk, yang juga akan pensiun dan menerima dengan bangga sambutan hangat dari pendukung Muenchen. Memang Kahn gagal menciptakan gol seperti yang diinginkannya tapi sambutan yang luar biasa dari publik Muenchen sudah lebih dari cukup baginya.

“Saya tidak bisa meminta lebih dari itu selama bertahun-tahun (membela Muenchen). Saya merasa amat bersyukur mampu bertahan begitu lama. Dan saya akhirnya bisa merayakan begitu banyak kesuksesan di klub seperti ini,” ungkap Kahn.

Tidak ada komentar: