Kamis, 31 Januari 2008

ENAM TIM PASTIKAN TEMPAT DI BABAK PEREMPATFINAL

Kamerun menjadi runners-up grup C dan lolos ke babak perempatfinal setelah mengalahkan Sudan 3-0, Kamis pagi WIB. Gol Kamerun dicetak oleh Samuel Eto'o pada menit 28 melalui titik penalti setelah Alaedin Yousif menarik kaos Achille Emana. Eto'o mencetak gol lewat tendangan yang menipu penjaga gawang Sudan, Eluez Muhgoub. Sebelum turun minum Kamerun sudah memimpin 2-0 akibat gol bunuh diri pemain Sudan Ali Elkhidir pada menit 34. Eto'o melengkapi kemenangan Kamerun menjadi 3-0 berkat gol kedua Eto'o menjelang akhir pertandingan.

Keberhasilan Kamerun melenggang ke perempatfinal ditentukan setelah pada waktu yang sama Zambia hanya mampu bermain imbang dengan juara bertahan Mesir 1-1. Dengan hasil ini Kamerun menjadi runner-up grup mendampingi Mesir yang menjadi juara grup C.

Sementara pada hari sebelumnya Pantai Gading dan Nigeria menjadi wakil dari grup B di babak perempatfinal. "Elang super" Nigeria lolos dramatis ke babak knock out setelah menang 2-0 atas Benin dan Pantai Gading menaklukan Mali, 3-0. Sampai saat ini sudah ada enam tim yang memastikan diri bertarung di perempatfinal yaitu Ghana dan Guinea (Grup A), Pantai gading dan Nigeria (Grup B), serta Mesir dan Kamerun (grup C). Dengan demikian, tinggal grup D yang belum menempatkan wakilnya di babak perempatfinal. Afrika Selatan dan Senegal harus saling 'bunuh' untuk membuka peluang lolos ke babak berikutnya. Selain itu, mereka juga perlu berharap Tunisia dan Angola tidak 'main mata' pada pertandingan terakhir.

Tidak ada komentar: